Ganesport Institute Rekomendasikan 5 Sanksi Keras Persib dan Persija

Berita Persib – Ganesport Institute memberikan lima rekomendasi sanksi untuk Persib Bandung dan Persija Jakarta terkait kasus kekerasan suporter yang menewaskan Haringga Sirla, Minggu (23/9/2018).

Haringga yang merupakan salah satu anggota The Jakmania, kelompok suporter Persija, tewas setelah dikeroyok sejumlah oknum suporter Persib menjelang pertandingan antara kedua tim di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Atas kejadian ini, Ganesport Institute menilai PSSI dapat memberikan hukuman untuk memberikan efek jera kepada kedua klub berdasarkan kajian ranah hukum olahraga atau lex sportiva.

Kajian Ganesport Institute, lembaga riset kebijakan olahraga, menyarankan Komisi Disiplin PSSI dan operator Liga Indonesia Baru segera memberikan hukuman berat kepada kedua klub.

“Mengingat kejadian ini terus berulang dan kami merasa pembunuhan terhadap Haringga merupakan titik terendah perilaku kekerasan suporter sepak bola Indonesia, kami menyarankan hukuman yang diberikan pun harus mencerminkan titik terberat agar ada efek jera yang ultra maksimal,” kata Direktur Eksekutif Ganesport Institute, Amal Ganesha, di Jakarta, Rabu (26/09).

A 1

“Dalam hal ini, Kemenpora dan BOPI bisa mendesak PSSI untuk segera mengeluarkan keputusan yang sifatnya extraordinary,” ujar Amal menambahkan.

Peniliti hukum Ganesport Institute, Rimba Supriatna, melakukan analisa lanjutan yang menyimpulkan PSSI memiliki landasan kuat untuk menghukum berat klub terkait tragedi pembunuhan dalam wilayah sepak bola.

“Merujuk pada Kode Disiplin PSSI Tahun 2018, PSSI berhak menjatuhkan sanksi apa pun yang diatur dalam Kode Disiplin untuk jenis tindakan kekerasan kepada orang atau objek tertentu,” kata Rimba menjelaskan.

Prediksi Bola

“Dengan demikian, PSSI selaku otoritas tertinggi memiliki ruang kewenangan yang luas untuk menentukan jenis sanksi yang sepadan dengan perbuatan penganiayaan yang menyebabkan hilangnya nyawa seseorang. Dalam Kode Disiplin tersebut, terutama di pasal 25 dan pasal 26, PSSI sangat berhak menghukum berat klub yang bersangkutan,” ujar Rimba.

Setelah mengkaji kasus ini, Ganesport Institue merilis lima rekomendasi sanksi untuk klub yang suporternya terlibat kekerasan hingga menyebabkan jatuhnya korban jiwa.

Rekomendasi sanksi pertama dan kedua merujuk pada kejadian preseden yang terjadi di Eropa pada tragedi Heysel di tahun 1985.

Ketika itu, federasi sepak bola Eropa UEFA menjatuhkan sanksi berat, yaitu melarang klub-klub Inggris berkompetisi di Eropa selama lima tahun akibat tragedi yang memakan 39 korban suporter Juventus dalam laga antara Juventus kontra Liverpool di Liga Champions, di Heysel, Belgia. (Info: Tragedi Heysel)

Sementara itu, poin rekomendasi ketiga, keempat, dan kelima diambil berdasarkan Kode Disiplin PSSI. Ganesport Institute telah mengirim surat kepada instansi terkait demi menyelamatkan kondisi sepak bola elite nasional.

Selain rekomendasi sanksi, Ganesport Institute juga mendesak PSSI dan LIB melalui Kemenpora dan BOPI untuk membentuk standar pengelolaan keamanan dan penonton kompetisi olahraga elite nasional, atau biasa disebut dengan crowd and safety management.

Berikut lima sanksi yang direkomendasikan Ganesport Institute:

  1. Setiap laga Persib melawan Persija dalam kompetisi apapun di Indonesia, dilaksanakan tanpa penonton selama lima tahun, efektif sejak sanksi dikeluarkan.
  2. Setiap laga Persib v Persija di kompetisi apapun di Indonesia tidak dipertandingkan selama lima tahun, dan diganti dengan skor imbang 0-0, efektif sejak sanksi dikeluarkan.
  3. Pengurangan 12 poin kepada klub yang suporternya terbukti melakukan pembunuhan kepada suporter lain.
  4. Mengeluarkan atau mencabut lisensi klub terkait dari kompetisi, dalam hal ini Liga 1.
  5. Mendegradasi klub terkait ke kasta lebih rendah, dalam hal ini dari Liga 1 ke Liga 2.

Sumber : MSBO Logo Full

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s