3 Poin Penting, Ada Kabar Buruk Dari PSM Dan Persib Pada Pekan Ke-30 Liga 1 2018

Berita Persib – PSM Makassar dan Persib Bandung menghadapi pekan-pekan krusia dalam upaya menjadi juara Liga 1 musim ini. Sisa lima laga tersisa, PSM masih kokoh dengan selisih empat poin di atas Persib. Satu klub lainnya yang juga berpotensi juara adalah Persija Jakarta.

Jelang laga kontra PSMS Medan, sejumlah pemain Persib Bandung harus absen, di antaranya, Ghozali Siregar (cedera), Jonathan Bauman (cedera), Dedi Kusnandar (cedera), Febri Hariyadi (timnas Indonesia) dan Oh In-kyun (kartu merah).

Dikutip dari TribunJabar.id, Ghozali Siregar mengeluhkan rasa nyeri di bagian pinggang seusai mengalami benturan keras dengan pemain belakang Bhayangkara FC.

Ghozali pun akhirnya ditarik keluar pada menit 22 digantikan Atep. Kondisi serupa juga terjadi pada striker andalan Persib Bandung, Jonathan Bauman. Striker asal Argentina itu dikabarkan mengalami cedera pada bagian lengan sebelah kiri.

“Kemarin Bauman masih merasakan nyeri setelah dislokasi (cedera tulang dan sendi yang berpindah dari tempat aslinya) pada bahu kirinya kita reposisi (penempatan kembali ke posisi semula). Tapi, setelah kita bawa ke rumah sakit, alhamdulilah hasil dari pemeriksaan x-ray tidak ada patah tulang,” kata Dokter Tim Persib, M Raffi Ghani seperti dikutip dari persib.co.id.

A 2.jpg

Kendati demikian, Raffi harus melakukan pemeriksaan lebih lanjut terkait cedera yang dialami Jonathan Bauman. Raffi bersama tim dokter Persib pun siap bekerja keras agar Jonathan Bauman bisa segera pulih dan kembali merumput bersama Maung Bandung.

“Tapi, saya harus melakukan observasi untuk mengetahui jaringan sekitar bahunya. Saat ini masih fase akut. Setelah nyeri dan fase akutnya berkurang, kita akan lakukan pemeriksaan lanjutan,” ujarnya.

Di sisi lain, gelandang Persib, Oh In-kyun juga harus menjalani hukuman kartu merah usai laga kontra Bhayangkara FC. Akibatnya, pemain asal Korea Selatan ini harus absen ketika menghadapi PSMS Medan, pada 9 November mendatang.

Begitu juga pemain Febri Hariyadi yang dipanggil timnas Indonesia di Piala AFF 2018. Meski sejumlah pemain harus absen, Persib Bandung masih memiliki sejumlah pemain alternatif untuk menghadapi tim berjuluk Ayam Kinantan itu.

Daftar Kekuatan Persib

Kiper: M Natshir, I Made Wirawan, Aqil Savik

Belakang: Bojan Malisic, M Sabillah, Victor Igbonefo, Supardi Nasir, Puja Abdillah, Henhen Herdiana, Tony Sucipto, Ardi Idrus

Tengah: Eka Ramdani, Hariono, Kim Jeffrey Kurniawan, Atep

Depan: Ezzechiel N’Douassel, Patrich Wanggai, Airlangga, Muchlis Hadi Ning.

A 3.jpg

PSM Pincang ke Markas Persebaya

Sementar itu PSM Makassar juga harus tampil pincang melawan tuan rumah Persebaya Surabaya, 10 November nanti. Sang pemuncak klasemen akan melawan tuan rumah tanpa gelandang tanggu Marc Klok.

Namun bek tangguh Steven Paulle yang pada big match pekan ke-29 melawan Persipura Jayapura absen sudah bisa tampil kembali. Gelandang andalan PSM itu tidak bisa tampil memperkuat pasukan Ayam Jantan dari Timur karena terkena akumulasi kartukuning.

Selain Klok, ada dua pemain andalan PSM dipastikan tidak bisa tampil karena akumulasi kartu. Keduanya adalah gelandang Asnawi Mangkualam dan bek kiri Reva Adi Utama.

Jadi Gangguan?

Dengan silih bergantinya pemain andalan PSM yang terkena akumulasi, tentunya bakal mempengaruhi perjalanan PSM memburu gelar juara. Yang sedikit mengusik pertanyaan, pemain-pemain pilar PSM, satu demi satu terkena yang akumulasi larangan bertanding.

Dari sebelumnya Paulle, lalu kini menghadapi Persebaya giliran Marc Klok yang tak bisa merumput bersama rekan-rekannya.

Lantas apakah ada usaha atau settingan untuk menggembosi tim PSM Makassar dalam jalan menuju gelar juara? CEO PT PSM Munafri Arifuddin mengatakan terkait potensi settingan tersebut sulit dilakukan dalam kondisi saat ini.

“Mau disetting mau diapa pun kita bermain saja, bermain dengan baik dan bermain sesuai aturan-aturan yang ada,” ujarnya.

Lanjut Appi, “bahwa settingan itu digelontorkan oleh sekelompok orang yang ingin melihat liga ini berjalan kurang baik.”

“Tapi saya bilang justru kita yang harus memperbaiki ini, kita harus keluar dari upaya orang-orang yang mendiskreditkan liga ini,” ujarnya.

A 1.jpg

Optimisme Mario Gomez

Melihat kondisi itu, pelatih Persib Bandung, Mario Gomez menginstruksikan kepada anak asuhnya untuk tetap fokus. Gomez menargetkan timnya mampu memetik poin penuh saat menghadapi PSMS Medan.

“Kami harus lanjutkan kemenangan melawan PSMS nanti. Kemenangan akan mempermudah kami untuk terus mendekati PSM (Makassar). Saya percaya semua pemain siap bekerja keras untuk itu semua,” tegas Mario Gomez, Senin (5/11/2018) seperti dikutip dari persib.co.id.

Untuk diketahui, Persib Bandung dan PSMS Medan pernah bertemu dalam putaran pertama Liga 1 2018, pada 6 Mei 2018 lalu.

Waktu itu, tim tuan rumah PSMS harus mengakui keunggulan Persib Bandung dengan skor 0-3. Gol kemenangan Persib saat itu, berhasil disarangkan Ezechiel N’douassel (22′, 81′) dan Oh In-kyun (38′). Di sisi lain, Persib Bandung kini masih menyisakan 5 laga di Liga 1 2018.

Prediksi Bola

Sumber : MSBO Logo Full

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s